Pekerjaan Remote Banyak, Bagaimana Cara Atur Karyawannya?

Pesatnya penggunaan internet dan semakin mudahnya akses informasi, membuat banyak anak muda Indonesia yang melek terhadap pentingnya pengalaman kerja bukan hanya organisasi. Era sekarang yang didominasi oleh Gen Z pun membuat perusahan harus mengikuti trend dan mengimplementasikan gaya kerja baru. Salah satunya adalah tersedianya pekerjaan remote. Trend ini semakin berkembang karena banyak dicari Gen Z, serta perusahaan dapat menekan biaya untuk mengontrol pekerjaan yang bisa dikerjakan orang yang baru terjun di dunia kerja. 

Keuntungan Pekerjaan Remote

Dalam membuat keputusan tentu harus ada manfaat yang didapatkan dari pekerja dan perusahaan. Jangan sampai budaya baru malah beresiko lebih tinggi dari pada tetap pada budaya lama. Menerapkan kerja remote sendiri memberikan banyak manfaat diantaranya:

1. Fleksibilitas Waktu dan Tempat Kerja

Dengan pekerjaan remote, karyawan dapat mengatur waktu dan tempat dimana akan bekerja sesuai keinginan, sehingga dapat meningkatkan work-life balance dan produktivitas. 

2. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi

Karyawan dapat bekerja di lingkungan yang nyaman dan minim distraksi, sehingga tingkat untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan  meningkat yang membuat tugas selesai dengan lebih cepat dan efisien. 

3. Peluang Mendapat Talenta Terbaik

Perusahaan tidak perlu menetapkan batasan lokasi sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan karyawan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan. 

4. Penghematan Biaya Operasional

Perusahaan dapat menghemat biaya sewa kantor, peralatan, dan operasional lainnya. Karyawan juga tidak perlu menghabiskan biaya untuk datang ke kantor.

Dengan perencanaan dan implementasi tepat menjadi solusi efektif, sistem remote working jadi solusi efektif untuk produktivitas, efisiensi, dan kepuasan karyawan

Tantangan Mengelola Karyawan Remote

Pekerjaan remote menawarkan banyak keuntungan bagi individu dan perusahaan, namun juga menghadirkan beberapa tantangan bagi para pemimpin dan manajer yang perlu mengelola karyawan jarak jauh. Berikut adalah beberapa tantangan utama yang umum dihadapi:

1. Komunikasi dan Kolaborasi yang Terhambat

Kurangnya interaksi tatap muka dapat menghambat komunikasi dan kolaborasi antar karyawan, sehingga berpotensi menimbulkan kesalahpahaman dan menurunkan efisiensi kerja. 

2. Pengawasan dan Evaluasi Kinerja yang Sulit

Perusahaan mungkin kesulitan dalam mengawasi dan mengevaluasi kinerja karyawan secara efektif, sehingga berpotensi menimbulkan masalah kinerja. 

3. Risiko Keamanan Data dan Informasi

Bekerja dari luar kantor meningkatkan risiko kebocoran data dan informasi perusahaan, karena karyawan mengakses data dan informasi sensitif dari perangkat pribadi mereka. Dalam hal ini, perusahaan perlu meningkatkan keamanan seperti menggunakan VPN tertentu dan lainnya.

4. Perasaan Terisolasi dan Kurangnya Engagement Karyawan

Karyawan yang bekerja secara remote mungkin merasa terisolasi dan kurang terhubung dengan perusahaan, sehingga dapat menurunkan engagement dan motivasi mereka. Namun ini masih bisa diatasi dengan karyawan mencoba kerja di luar ruangan.

Tips Mengelola Karyawan Remote

1. Menjaga Komunikasi Tetap Teratur dan Jelas

Perusahaan harus konsisten untuk melakukan komunikasi yang terbuka dan transparan dengan karyawan secara teratur untuk memastikan mereka tetap terhubung dan terinformasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi, seperti email, video call, dan chat online. Tetap mengadakan rapat tim secara virtual secara berkala untuk membahas kemajuan pekerjaan, memecahkan masalah, dan membangun tim.

2. Tetapkan Ekspektasi dan Target yang Jelas

Dengan menetapkan ekspektasi yang jelas dan terukur untuk karyawan WFH dapat membuat karyawan mengetahui fokus utama mereka. Perusahaan dapat menggunakan OKR (Objectives and Key Results) atau sistem penetapan tujuan lainnya. Lakukan check-in secara berkala dengan karyawan untuk memantau kemajuan mereka dan memberikan dukungan yang dibutuhkan serta berikan juga umpan balik yang teratur.

3. Bangun Kepercayaan dan Rasa Saling Menghormati

Tetap percaya pada kemampuan karyawan WFH untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik. Jangan lupa untuk berikan otonomi kepada karyawan untuk mengatur waktu dan cara kerja mereka, selama mereka memenuhi target yang telah ditetapkan. Perusahaan juga wajib untuk tetap menciptakan budaya kerja yang saling menghormati dan menghargai keragaman.

4. Promosikan Keseimbangan Kehidupan Kerja

Dukung karyawan WFH untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja dengan mendorong mereka untuk mengambil cuti, menggunakan waktu istirahat, dan menjaga batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tidak apa untuk menawarkan program kesehatan dan kesejahteraan karyawan untuk membantu mereka menjaga kesehatan fisik dan mental selama bekerja di rumah. Ciptakan lingkungan kerja yang fleksibel dan suportif yang memungkinkan karyawan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.

5. Memanfaatkan Teknologi yang Ada

Dalam komunikasi dapat menggunakan alat online seperti Zoom, Slack, dan Google Meet untuk memudahkan komunikasi dan kerja sama antar karyawan. Sementara pengelolaan karyawan gunakan software HRIS (Human Resource Information System) untuk mengelola data karyawan, melacak kehadiran, dan mengotomatisasi tugas-tugas HR. meski terdengar mudah, memanfaat teknologi seperti HRIS perlu dilakukan analisis terkait kebutuhan seperti apa saja yang diperlukan untuk fitur HRIS sehingga biaya menggunakan HRIS bisa optimal dan tidak sia-sia.

KelolaHR

Kini telah hadir KelolaHR by Vascomm yang sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda baik dari segi fitur, administrasi, hingga biaya. KelolaHR sebagai solusi lengkap dengan fitur kustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan, UI/UX yang ramah pengguna dalam rentang usia berapapun, keamanan terjamin dengan integrasi face recognition dan geo tagging, sistem payroll terintegrasi, fleksibilitas layanan on-premise atau cloud, serta kemudahan administrasi. Dapatkan pengalaman HR yang modern dan optimalkan produktivitas perusahaan Anda!

Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan demo gratis dan rasakan sendiri keunggulan KelolaHR. Dapatkan solusi HR yang cerdas dan inovatif untuk mengantarkan perusahaan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

KelolaHR – Atur Ribuan Karyawan dan Kantor Cabang Lebih Efektif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *